8 Fakta Menarik Jelang GP Valencia



MotoGP musim 2015 memasuki seri terakhir, Sirkuit Ricardo Tormo Valencia bakal menentukan nasib Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi sebagai calon kuat juara dunia tahun ini.

Namun kedua pembalap itu tidak memiliki sejarah mentereng di Valencia. Baik itu Rossi, Lorenzo ataupun Yamaha memiliki catatan buruk di lintasan sepanjang 4 km tersebut.

Untuk Rossi, balapan kali ini bakal berjalan lebih sulit dari biasanya karena harus start dari posisi paling belakang, sebagai hukuman karena dianggap bersalah atas kecelakaan yang menimpa Marc Marquez di Sirkuit Sepang lalu.

Sebelum seri pamungkas ini berjalan, ada 8 Fakta Menarik Jelang GP Valencia:

1. Sirkuit Ricardo Tormo, tempat seri ini dilaksanakan berasal dari nama pembalap asal Spanyol yang pernah memenangkan balapan kelas 50cc pada tahun 1978 dan 1981. Kariernya berakhir pada 1984 ketika ia mengalami cedera kaki dan pada 1998 karena menderita sakit leukimia ia meninggal dunia.

2. Pedrosa menjadi pembalap tersukses di Valencia dengan rekor memenangkan enam6 balapan dan 3 di antaranya terjadi pada kelas MotoGP.

3. Balapan di Valencia lebih sering dimenangkan oleh pembalap Spanyol. Selain Pedrosa, kemenangan juga diraih Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Hector Barbera, Maverick Vinales, Nicolás Terol, Julián Simón, Héctor Faubel dan Sete Gibernau.

4. Honda menjadi tim tersukses di GP Valencia dengan 8 kemenangan. Sedangkan Yamaha, baru memiliki tiga kemenangan.

5. Ducati sudah 6 tahun tidak menang di Valencia. Terakhir kali Ducati menang terjadi pada 2008 oleh Casey Stoner.

6. Musim lalu Marquez mencetak sejarah di Valencia, start dari posisi 5 dan finish di pertama.

7. Marquez menjadi satu-satunya pembalap yang memenangkan GP Valencia meski memulai balapan di luar pole position.

8. Rossi adalah satu-satunya pembalap asal Italia yang selalu tampil di Sirkuit Ricardo Tormo sejak pertama kali dibuka pada 1999 lalu, tercatat ia sudah 17 kali tampil di balapan Valencia.
Previous
Next Post »
Web Hosting